. Pentingnya Stabilitas Politik dan Keamanan untuk Kesejahteraan Rakyat

Pentingnya Stabilitas Politik dan Keamanan untuk Kesejahteraan Rakyat

Orang bisa berfikir bahwa bidang ekonomi lebih penting dari pada bidang politik karena ekonomi berkait kesejahteraan yang dapat dirasakan langsung oleh warga. Tapi mungkinkan stabilitas ataupun pertumbuhan ekonomi tanpa didukung kemantaban kondisi politik dan keamanan? Pasti tidak mungkin, logikanya seperti membandingkan nasi dan piring atau beras dan karung, piring bersih harus tersedia dulu sebelum nasi, karung yang baik dan tidak bocor harus disiapkan sebelum mengemas beras.

Dalam tinjauan ekonomi politik, memang terdapat kait mengait antara bidang politik dan keamanan dengan ekonomi. Keduanya saling mempengaruhi dan dipengaruhi. Ada beberapa pandangan untuk menciptakan kondisi ekonomi yang kokoh dibutuhkan stabilitas politik dan keamanan. Investor yang pada saat ini dianggap sebagai salah satu instrument pertumbuhan ekonomi suatu negara tidak akan mau menanamkan modalnya (investasi jangka pendek maupun jangka panjang) jika politik dan keamanan tidak stabil.

Olehnya dalam era globalisasi informasi yang didukung kemajuan tehnologi saat ini memainkan peran penting di segala aspek kehidupan termasuk informasi tentang politik dan keamanan telah membawa pengaruh yang begitu besar bagi perkembangan perekonomian suatu negara. 

Tata perekonomian Indonesia misalnya saat ini tidak hanya didominasi oleh peranan teknologi dan informasi, sumber daya alam, manusia atau modal. Ekonomi kita juga sangat dipengaruhi oleh faktor politik dan keamanan. Kedua faktor ini juga menyumbang dampak signifikan dalam perekonomian Indonesia yang nantinya secara tidak langsung juga memainkan perannya dalam pembentukan output. 

Informasi, teknologi, dan komunikasi yang saat ini berkembang begitu pesat yang coba dikejar oleh bangsa Indonesia malah justru akan menjadi bumerang apabila faktor politik dan keamanan dalam negeri tidak dibangun dengan pondasi yang kokoh. Sebagai contoh kebebasan komunikasi sosial media di dunia maya punya efek langsung di masyarakat perhatikan kasus dugaan penistaan agama gubernur DKI Jakarta basuki Cahya Purnama atau yang biasa disebut Ahok. 

Beberapa negara di Timur Tengah yang dalam beberapa hari belakangan ini telah bermunculan revolusi telah menggangu stabilitas politik dan keamanannya menyebabkan negara tersebut dalam kesulitaan ekonomi, padahal potensi sumber daya alam mereka seperti minyak cukup besar. 

Oleh sebab itu sangat diyakini bahwa pertumbuhan ekonomi suatu negara termasuk Indonesia sangat dipengaruhi oleh stabilitas politik dan keamanan. Perbaikan system perpolitikan kita serta konsepsi Ketahanan Nasional harus dioperasionalisasikan serta disebarluaskan ke seluruh lapisan masyarakat sehingga diyakini kebenarannya dan pada akhirnya diimplementasikan.

Indonesia yang pada tahun 1998 mengalami instabilitas politik dan keamanan dalam negeri yang kemudian membuat berbagai harga barang kebutuhan pokok menjadi naik dan banyak investor yang mulai menarik investasinya dari Indonesia sehingga menyebabkan krisis. 

Padahal sebelumnya Indonesia tergolong sebagai macan Asia, yang berarti termasuk dalam negara Asia yang memiliki faktor pertumbuhan ekonomi yang sangat meningkat. Faktor politik dan keamanan tentu saja berada di balik semua itu. Kedua masalah ini mempengaruhi permintaan dan penawaran agregat.

Keamanan yang tidak stabil sangat diyakini telah meruntuhkan permintaan agregat perekonomian Indonesia ketika itu. Dalam situasi seperti Indonesia pada tahun 1998 kita telah menjumpai ciri-ciri ekonomi dalam defresi seperti; menurunnya daya beli secara drastis, lenyapnya minat investasi dan meningkatanya kapasitas yang menganggur di berbagai sektor. Ketidakstabilan politik maupun keamaanan ini juga dapat memicu respons (elastisitas) suplai merosot secara tiba-tiba ketika itu. 

Tidak ada komentar:

.

.
.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...